Thursday 30 January 2014

MARS GOES GREEN_Behind The Scene

Animasi pendek yang berjudul  "Mars Goes Green" adalah program lanjutan dari ujicoba pelatihaan animasi periode 2012-2013. Dirancang dalam format minimal dan khusus diselenggarakan untuk kepentingan pelatihan. Diikuti oleh peserta ujicoba yang berminat untuk merasakan pengalaman produksi secara nyata.


Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai proses produksi secara menyeluruh, meskipun dalam format yang sederhana. Selain itu juga pada akhir program peserta akan memiliki Show-Reel animasi yang cukup komprehensif.



Mars Goes Green berdurasi kurang lebih 9 menit dengan jumlah scene sekitar 77 scene. Dikerjakan selama 6 bulan oleh 5 orang peserta, yaitu Arif , Aji, Tyas, Ersa dan Sani. Masing-masing  menyelesaikan sekitar 15 sampai 17 scene. 


Pekerjaan persiapan dilakukan oleh tim pengajar Lakon Animasi mulai dari membuat ide cerita, storyboard dan stillomatic sebagai acuan para peserta. Tim Pengajar juga menyiapkan 'aset' berupa model karakter dengan rig-nya, background dan properti yang dibutuhkan.

Storyboard



















Setelah semua persiapan selesai, program animasi pendek Mars Goes Green dilaksanakan mulai dari analisa storyboard dan stillomatic, pengenalan rig dan studi karakterisasi, sampai proses animasi. 



Stillomatic


Studi Gerak Karakter





Blocking



Blocking Plus



Refining




Rendering







2 comments:

  1. maju terus jangan sampai kalah sama negeri sebelah, itu proses produksinya memakai software apa ya? 3ds max atau maya?

    ReplyDelete